Minggu, 04 September 2016

PUKP Peaswat Bantu



PESAWAT BANTU ( PUKP : 01-11-01 )

SOAL :1
Sebuah instalasi pesawat pendingin Freon 12 yang berkapasitas 10 ton memiliki suhu isap 10oc dalam keadaan jenuh dan suhu isap sesungguhnya 0oc proses bekerja sebaik2nya tidak terjadi sub cooling (pendingin ekstrem) ini menggunakan kompresor yang memiliki data – data sebagai berikut :
a). Bahan media pendingin  Freon 12
b). kapasitas  10 ton.
c). suhu isap keadaan jenuh -5oc
d). suhu isap sebenarnya 0oc
e). suhu pengembunan jenuh 30oc
f). daya guna volumetric 80 %
g). suhu pendingin ekstrem NIL
Sebutkan dampak terhadap instalasi kompresor tersebut:
  1. jumlah bahan media pendingin yg.beredar
  2. kemampuan pendingin
  3. daya total
  4. daya tiap ton bahan pendingin
  5. C.O.P (co-eficient of performent)
Catatan :
H1 = 137,35 kkl/kg
H2 = 141,8 kkl/kg
H3=H4 = 107,25 kkl/kg
CV pd.kondisi 1 = 0,07 m3/kg
CV pd.kondisi 2 = 0,026 m3/kg

JAWAB :
Dik :
Mesin pendingin dengan Freon 12
G = 10 ton
T isap jenuh = -5 oc
T isap sebenarnya = 0 oc
T pengembunan jenuh = 30oc

n volumetric = 80 %

T pendingi ekterm = NIL
H1 = 137,35 kkl/kg = 576,87 kj/kg
H2 = 141,8 kkl/kg = 592,56 kj/kg
H3=H4 = 107,25 kkl/kg = 450,45 kj/kg
CV kondisi 1 = 0,07 m3/kg
CV kondisi 2 = 0,026 m3/kg

 

Ditanya :
  1. jumlah refrigerant yg.beredar
  2. kemampuan pendingin
  3. P.total
  4. P/ton bahan pendingin
  5. C.O.P

Penyel :                            

 
 
PESAWAT BANTU (PUKP)

SOAL : 2
Dalam menentukan kenyamanan keadaan ruangan yang menggunakan air condition,hal apa saja yg harus diperhatikan dan jelaskan
JAWAB:
Faktor2 yang mempengaruhi instalasi air condition untuk condisi nyaman adalah :
  1. Pengontrolan suhu udara
  2. Pengontrolan humidity (keadaan air dlm udara)
  3. Pengontrolan gerakan udara agar suhunya dan relative humiditynya lebih rendah.
  4. Penyaringan udara termasuk pembersihannya agar mendapat udara segar,nyaman bagi manusia.
Pengaturan udara temperature yang nyaman bagi manusia dairah tropis adalah: antara suhu:22oc – 25oc dengan kelembaban relative :30% - 70%.

Soal No 1 T.2.1.1.2
Keadaan udara atm pada 760 mm air raksa tekanan barometer bersuhu 240oc pada suhu bola kering dan 150oc pada suhu bola basah dengan menggunakan psychrometric chart tentukan :
  1. relative humidity
  2. humidity ratio
  3. dew point temperature
  4. h udara tiap kg udara kering
  5. Tekanan Uap Spesifik
  6. Tekanan jenuh di bandingkan terhadap suhu bola kering 30oc
  7. Tekananjenuh dibandingkan  terhadap suhu bola basah 15oc
  8. Volume udara tiap kg udara kering
JAWAB :
Diket :
Udara  atm = 760 mm air raksa tekanan baromtr
  ===>td1 = 240oc                  td2 = 30oc
  ===>tw1 = 150oc                tw2 = 15oc
Menggunakan psychometric chart.

Ditanya:
  1. RH
  2. Hr
  3. DPT
  4. h udara /kg udara kering
  5. P uap spesifik
  6. P jenuh dibandingkan bola kering 25oc
  7. P jenuh dibandingkan bola basah 15oc
  8. V udara /kg udara kering.

Penyel :
 










a. RH = 43 %
b. HR = 0,0073 kj/kg udr kering
c. DPT = 15oc
d. h udara/kg udr kering = 42,25 kj/kg
e. P udara spesifik = 8,5 m/hg
f. Rh2 = 34%
g  P udara spesifik = 7,5 mm/hg
h. Volume udara/kg udr kering = 0,865 m3/kg               
     udara kering

SOAL :3
Keadaan udara atm pada 760 mm air raksa tekanan barometer bersuhu 23oc pada suhu bola kering dan 15oc pada suhu bola basah dengan menggunakan psychrometric chart tentukan :
a)      relative humidity
b)      humidity ratio
c)      dew point temperature
d)      h udara tiap kg udara kering
e)      Tekanan Uap Spesifik
f)       Tekanan jenuh di bandingkan terhadap suhu bola kering 25oc
g)      Tekananjenuh dibandingkan  terhadap suhu bola basah 15oc
h)      Volume udara tiap kg udara kering
JAWAB :
Diket :
Udara  atm = 760 mm air raksa tekanan baromtr
td1 = 23oc                  td2 = 25oc
tw1 = 15oc                  tw2 = 15oc
Menggunakan psychometric chart.

Ditanya:
  1. RH
  2. Hr
  3. DPT
  4. h udara /kg udara kering
  5. P uap spesifik
  6. P jenuh dibandingkan bola kering 25oc
  7. P jenuh dibandingkan bola basah 15oc
  8. V udara /kg udara kering.

Penyel :
 











a. RH = 43 %
b. HR = 0,0073 kj/kg udr kering
c. DPT = 15oc
d. h udara/kg udr kering = 42,25 kj/kg
e. P udara spesifik = 8,5 m/hg
f. Rh2 = 34%
g  P udara spesifik = 7,5 mm/hg
h. Volume udara/kg udr kering = 0,865 m3/kg               
     udara kering.   


PESAWAT BANTU  (PUKP)
SOAL :
Sebuah pompa pusingan  dengan masukan  2 sisi kapasitas pompa Qe = 200 m3/menit.tinggi isap 2 m ,dan tinggi tekan = 5m ,hambatan 1m  putaran 120 rpm pompa mempunyai rendemen total = 78% ,factor K kali rendemen theoritis = 0,65 , rendemen volumetric = 99%
Ditanya :
  1. Besar daya yang diperlukan utk.menggerakan pompa.
  2. Moment punter bila tegangan puntirnya 120 kg/cm2.
  3. Bila sudut b= 30o dan a= 13o U2 di lukis 8 cm. gambar kecepatan dg.skala yg.benar.
JAWAB :
Dik :
Pompa centrifugal dg.masukan 2 sisi.
Qe = 200 m2/menit             m = Qe x bj
      = 200m3/menit x 103kg/m3 = 200.000kg/mnt
                                                  = 3333,33 kg/det.
hs              = 2m
hd              = 5m
hrd             = 1m
n                =  120
n total       = 78
K x n theo = 65%
n vol.        = 99% 
Dit :
a). P.untuk menggerakan pompa
b). MP
c). Gbr.kecepatan
Penyel:
a).P.utk.menggerakan pompa = ……..?
     hm = hs + hd + hrd
           = 5m + 2m + 1m = 8m
      Pe = m x hm x g
           = 3333,33 kg/det x 8m x 9,81m/det2
           = 261600 watt = 261,6 kw.
      Daya untuk menggerakan pompa = Pe/ ntot.
           = 261,6/0,78 = 335,3 kw
                                   =========
b). MP.bila tegangan puntirnya = 120 kg/cm2
      NE = T.W           T = M.P
                                              
c). Bila sudut b=30o dan a =13o





















PESAWAT BANTU  (DPKP)

SOAL : 6
a). Jelaskan cara memindahkan Freon 12 ke botol kosong saat sebelum di laksanakan overhaul compressor secara rinci dan aman.
b). Jelaskan langkah2 pengisian Freon 12 setelah selesai overhaul melalui suction valve compressor secara rinci sehingga suhu-suhu kerja diruang pendingin tercapai.

JAWAB :
a). Cara pengeluaran gas kebotol Freon kosong                                       dilaksanakan sebagai berikut :
1.Ambil botol kosong yang kapasitasnya lebih kurang sama dengan kapasitas dalam system
2.Botol Freon kosong didinginkan dalam potongan drum yg.berisi batu es.tujuan pendinginan karena Freon yang di pindahkan panas setelah di kompresi dg.kompresor (menjaga resiko ledakan)
3.Buka suction valve kompresor
4.Buka discharge valve kompresor.
5.Tutup valve yang masuk kondensor dan liquit receiver.
6.Buka semua valve yang berhubungan bagian gas,(bukan bagian Freon cair. Seperti dari bagian pipa2 evaporator hingga bagian isap kompresor.
7.Jalankan kompresor tanpa air pendingin condenser,maksudnya supaya yang dipindahkan melalui Freon gas (bukan Freon cair)
8.Perhatikan suction dan discharge pressur dari kompresor
9.setelah selesai, lepas semua peralatan 2 yang dipasang.

b). Cara pengisian Freon 12 setelah selesai overhaul melalui suction valve compressor sbb :
1.Bebaskan udara dalam system,udara dibuang dalam condenser dengan menjalankan compressor kosong tanpa gas.dan udara di blow up (cerat)
2.Ambil Freon 12 dan ditimbang terlebih dahulu
3.pasang pipa tembaga dari botol Freon ke suction vale compressor
4.Posisi botol Freon digantung diatas compressor posisi terbalik


5.Yakinkan tidak ada kebocoran pada sambungan2 test dengan membuka Freon sedikit.
6.Buka discharge valve pada compressor
7.Semua posisi valve dalam system terbuka.
8.perhatikan siction pressure dan discharge pressure saat pengisian berlangsung
9.Pengisian diberhentikan bila tekanan kerja telah dicapai dari discharge pressure.
10.perhatikan suhu pendingin di refrigerating     space.
   11.saat pengisian semua peralatan harus berfungsi baik, termasuk air pendingin untuk condenser.


PESAWAT BANTU (DPKP):04/03.

SOAL :2
Dalam suatu pengopakan bahan bakar di dapur ketel,salah satu perlengkapan penting adalah burner .
a.       Sebutkan jenis burner yang umum di gunakan di kapal
b.      Jelaskan cara kerja dari pengabut tekan
c.       Buatlah sket sederhana salah satu jenis burner dan sebutkan bagian2nya.
d.      Jelaskan cara perawatan pengabut tekan sehingga mendapatkan kerucut pengabutan yang baik.
e.       Sebutkan persyaratan saringan udara untuk pembakaran sehingga  menghasilkan pembakaran sempurna.

JAWAB :
a. ) Jenis-jenis burner yang umum dipakai di
       kapal adalah :
1.      Wallsend howdon fuel burner.
2.      TODD fuel burner (non return type)
3.      Y-Jet fuel burner
4.      TODD fuel burner (return type)

b.) Cara kerja dari pengabut tekan al:
          *  Didalam burner terdapat 2 aliran media
              bahan bakar dan uap
           * Bahan bakar di tekan oleh pompa bahan
              bakardan bersamaan dengan itu bahan
              bakar di tekan keluar burner oleh uap
              berupa kabut.

c.) Sket sederhana salah satu jenis burner.
    
 
d). Cara perawatan pengabut tekan sehingga mendapat kerucut pengabut yang baik al:
      1. Bersihkan lubang nozzle
      2. Bersihkan filter yang ada dalam nozzle
      3. skuur permukaan nozzle
      4. Bila ukuran lubang nozzle sudah melebihi standartd ganti dengan yang baru.

e).  persyaratan saringan udara untuk
      pembakaran sehingga mendapat pembakaran          sempurna al:
1.      Saringan harus bersih
2.      Saringan terbuat dari bahan yang tahan korosi
3.      Lubang saringan udara tidak boleh terlalu rapat dan sebaliknya.       


PESAWAT BANTU (PUKP)

SOAL :
Suatu instalasi pendingin dengan menggunakan F12 yang mempunyai kapasitas pendingin 112.000 kj/jam.tekanan kompresi 6,51 bar dan tekanan isap kompresi 2,19 bar suhu Freon keluar komdensor 25oc dan suhu penguapan
-10oc type kompresor dengan torak terdiri dari 4 cyl.dengan perbandingan langkah torak terhadap diameter cyl.nya 0,69 kompresor digerakan oleh motor listrik dengan putaran 750 rpm.
evaporator = 70%    mek.= 90% panas yang diserap evaporator tiap kg bahan pendingin (QV)= 30,1 kj/kg
Ditanya :
  1. Volume langkah kompresor
  2. Ni dan Ne kompresor
  3. Diameter cyl.
  4. Panas yang hilang dengan air pendingin bila suhu masuk air pendingin 15oc dan keluar 20oc

JAWAB :
Dik :instalasi mesin pendingin menggunakan f12
        WV= 112.000 kj/jam
         Pcomp= 6,51 bar = 6,51 x 105
         P isap = 2,19 bar
         t.keluar kond.= 25oc
         t.penguapan = -10oc
         Z = 4 cyl.
         L : D = 0,69
         n = 750 rpm = 45000 put / jam
         eva.(z) = 70%
         mek.= 90%
         QV = 30,1 kj / kg

Penye :


t4 pada -10oc = 159,899 kj/kg
Q3 pada 25oc = 444,15 kj/kg
Q4 pada -10oc = 410,76 kj/kg
V1 pada -10oc = 0,0781 m3/kg
 P1 pada -10oc = 2,19 bar
 P2 pada  25oc  = 6,51 bar.

a). Volume langkah kompresor =……..?

      

d). Q yang hilang dg.air pendingin bila
      temp.masuk 15oc dan keluar 20oc ………?
    
     Q hilang = WC+WV
                    = (1 x Ni ) + 112000kj/jam
                    = (1 x 31,788kj/det) +31,11 kj/det
                    = 31,788 kj/det + 31,11 kj/det
                    = 62,8 kj/det.
      Q = G.PJ.t  
PESAWAT BANTU (DPKP) :11/01

SOAL : 8
Dalam menentukan kenyamanan keadaan ruang yang menggunakan air condition,hal apa saja yang harus di perhatikan dan jelaskan

JAWAB:
Faktor2yang mempengaruhi instalasi air condition untuk kondisi nyaman adalah :
a). Pengontrolan suhu udara
b). Pengontrolan humidity (keadaan air dlm.udr)
c). Pengontrolan gerakan udara agar suhunya
     dan relatif humiditinya lebih rendah
d). Penyaringan udara termasuk pembersihannya agar mendapatkan udara segar dan nyaman bagi manusia.
      Dari hasil pengalaman pengaturan udara ternyata batas2 nyaman bagi manusia tropis adalah antara suhu udara 22oc hingga 25oc dengan kelembaman relatif =30%-70%.

SOAL : 7
Mengapa air ketel dapat masuk ke drum air, padahal tekanan air lebih kecil dibandingkan dengan tekanan uap pd ketel pipa air jenis B&W jelaskan alasan anda ,bila perlu dengan sket sederhana ……? 

JAWAB:
 Air ketel berada dalam water tube (pipa2 air),di water drum dan sebagaian di steam drum. Air2 ini di panaskan oleh gas2 panas pembakaran sehingga mendidih . peredaran air di pipa2 air bergerak ke atas karena air di panaskan dimana berat jenis air lebih ringan disbanding air yang tidak dipanaskan yang bergerak ke bawah dalam pipa2 jatuh ,sehingga terjadi sirkulasi air.

        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar