Selasa, 23 Juni 2015

Fire hose coupling atau koneksi selang pemadam

Ada berbaai macam coupling atau koneksi pada fire hose. Pada setiap kapal tentunya berbeda beda tergantung dari tempat dibuatnya kapal tersebut. Akan tetapi tidaklah susah untuk mendapatkan jenis koneksi tersebut di setiap negara karena coupling tersebut sudah tercantumkan dalam IMPA. 

Tata cara penggunaannya dibagi menjadi dua yaitu :

Dengan Cara di putar 
1. Nakajima
2. Gost

3. Storz
4. Nh/ NST
5. SMS
6. Barcelona

Dengan cara di tekan
1. Machino (menekan pada sambungan kedua coupling)
2. Instantaneous (menekan pada kiri dan kanan coupling yg menonjol keluar)
3. Uni (menekan pada sambungan coupling)

Itu lah beberapa macam jenis coupling fire hose yang ada di atas kapal. Untuk itu agar semua kapal dan pelabuhan dapat bekerja sama pada saat terjadinya kebakaran, maka di bentuklah suatu koneksi secara internasional agar kapal dapat menerima selang pelabuhan dan juga sebaliknya untuk pelabuhan. Koneksi tersebut adalah internasional ship shore connection. 
Konksi tersebut dimaksudkan apabila terjadi kebakaran di kapal dan ternyata pompa kapal tidak berfungsi lagi akibat kebakaran tersebut, maka kapal dapat menggunakan pompa pelabuhan untuk mendapatkan pasokan air untuk memadamkan api. Dan juga sebaliknya apabila terjadi kebakaran di pelabuhan dan pompa pelabuhan tidak dapat bekerja lagi maka pelabuhan dapat mengambil pasokan air dari kapal dengan menyambungkan pipa kapal dengan pelabuhan. 

Pada saat melakukan koneksi ini jangan lupa untuk menutup isolation valve agar tekanan pompa bisa belih baik di terima oleh pelabuhan. Inilah beberapa koneksi atau coupling fire hose yang ada di atas kapal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar