Minggu, 31 Juli 2016

Cara mengkoreksi peta

Saat ini saya akan menjelaskan sedikit tentang mengkoreksi peta. Sering kali kita menemukan hal yang berbeda-beda dalam cara yang baik dan benar untuk mengkoreksi peta. Pedahal sudah ada publikasi yang menjelaskan cara mengkoreksi peta tersebut yaitu di dalam buku publikasi NP294. 

Jangan lupa pada saat setiap kita akan melakukan koreksi peta untuk mencantumkan no koreksi di bawah kiri peta. Dimana berguna untuk melacak koreksi yang telah kita lakukan. Dan apabila ada koreksi yang terlewat kita akan segera mengetahuinya. 

Mengkoreksi peta melakukan pulpen berwarna ungu dengan ukuran ujungnya 0.18 untuk mengkoreksi dan 0.25 untuk menghapus benda di dalam peta. Untuk koreksi T&P atau temporary & preliminary menggunakan pensil 2b dikarenakan koreksi ini hanya berlaku dalam kurun waktu tertentu dimana akan dihilangkan lagi kemudian harinya.  

Berikut beberapa hal yang akan kita temui dalam melakukan koreksi peta yang kita dapat dari NTM atau Notice To Mariners. 

1. Insert atau memasukkan
Yaitu dimana kita harus menambahkan  benda atau objek tertentu ke dalam peta. Caranya adalah apabila kita mendapat koreksi berupa tracing, kita hanya perlu menyamakan tracing tersebut dengan peta yang kita gunakan. Apabila kita hanya mendapatkan berupa NTM maka kita harus melakukan plot posisi atau menentukan posisi pada peta terlebih dahulu (lihat gambar berikut). 

Setelah menyamakan antara garis lintang, buju, kedalam laut atau chart datum, benda-benda atau objek darat maupun laut yang ada pada tracing dengan peta kita tinggal menandai letak yang di tentukan untuk menambahkan objek yang terdapat pada tracing tersebut. Dan menggambarkannya pada peta(lihat gambar berukut). 

2. Delete atau menghapus
Yaitu kita di harapkan untuk menghapus objek atau benda atau informasi pada peta dimana sudah tidak ada atau dibutuhkan lagi. Caranya adalah dengan mencoret benda atau objek atau informasi tersebut dengan dua garis lurus (lihat gambar berukut).

3. Delete and replace atau menghapus dan menggantikan

Yaitu kita di harapkan untuk menghapus suatu objek atau benda atau informasi yang ada di peta kemudian mengganti dengan informasi atau objek atau benda yang baru. Caranya adalah petama kita harus menghapus terlebih dahulu kemudia nambahkan informasi yang baru sama (lihat gambar berukut).

4. Move atau memindahkan
Yaitu kita di harapkan untuk memindahkan suatu objek atau benda atau informasi yang ada di peta ke posisi yang baru. Caranya adalah apabila perpindahan benda tersebut dekat makan kita tinggal menambahkan tanda panah mengulir dari objek atau benda atau informasi semula mengarah ke posisi yang baru (lihat gambar berukut).
  
Itulah beberapa hal yang harus di ketahui dalam melakukan koreksi peta yang baik dan benar. Apabila ada hal-hal yang masih anda ragukan dapat melihat pada buku publikasi NP294 how to keep your admiralty products up to date. 

9 komentar: