Rabu, 07 September 2016

Ilmu Bangunan & Konstruksi kapal

Jawaban Ilmu Bangunan & Konstruksi kapal – A 

 1. Angle of Loll

a.        Jelaskan yang dimaksud dengan Angle of Loll.
b.        Jelaskan urutan memperbaikinya.
Jawab :
A.      Angle of Loll adalah sudut miring kapal akibat nilai GM negative.
B.       Urutan memperbaiki Angle of Loll :
Ø  Kapal harus ditegakkan dan nilai GM dibuat menjadi positif, dilakukan dengan cara sbb :
a.        kapal dibawa berlabuh jangkar di perairan tenang .
b.        Air ballast diisikan kedalam tangki di bottom agar titik G turun.
c.        Pertama diisi tangki-tangki pada sisi miring sampai nilai GMnya positif ( kapal akan tambah miring ).
d.        Kemudian tangki-tangki pada sisit tinggi dapat diisi, kapal akan perlahan tegak dan GM bertambah positif.

2. a). Jelaskan tentang “ Hull Resintance “ dan  “ Hull Efficience Ratio “
    b). Jelaskan yang dimaksud dengan : Apandages Reistance.
    c). jelaskan tentang : Truc Slip, pada propeller.
    d). Jelaskan tentang : A Truc propeller.
Jawab :
a)        Hull Resistance adalah : hambatan pada badan kapal yang disebabkan karena bentuk atau konstruksi badan kapal.
Hull efficience Ratio adalah : Perbandingan antara tenag ayang diprelukan untuk mendorong kapal dengan gaya dorong propeller.
b)       Apandages Resistance adalah : Kerugian atau hambatan akibat peralatan kapal itu sendiri.
c)        Truc Slip Propeller adalah : Selisih antara jarak maju yang ditempuh propeller sendiri dan bersama kapalnya dalam 1 putaran.
d)       A Truc Propeller adalah :




3a).   Sebutkan penyebab getaran kapal  dan akibat / kerugiannya.
  b).   Sebutkan pedoman mengatasi getaran kapal.
  c).    Sebutkan penopang dari Full Balance Rudder.
  d).   sebutkan ketentuan ( SOLAS ) bagi mesin kemudi Bantu kapal     tanker.
Jawab :
a)        Penyebab getaran kapal adalah :
Ø  Pengoperasian mesin – mesin.
Ø  Putaran propeller.
Ø  Gerakan kapal dalam ombak.
Ø  Gerakan bending.
Ø  Gerakan punter badan kapal di laut.
                Kerugian – kerugian akibat getaran :
Ø  Ketidak nyamanan.
Ø  Kerja mesin – mesin menjadi lebig berat.
Ø  Fatique pada material.
Ø  Gangguan pada daya kerja alat – alat.
b)       Pedoman mengatasi getaran kapal :
Ø  Menghilangkan / menguragi sumber penyebabnya.
Ø  Penanganan setempat dengan menempatkan potongan penegar.
c)        Penopang Full ballace Rudder adalah :
Ø  Rudder angle dari sumbu putarnya, dengan upper bearing dan lower bearing.
Ø  Bearingnya terdiri dari :
-          Stainless steel bush, terpasag pada daun kemudi.
-          Stainless steal liner, terpasang pada poros.
d)       Ketentuan ( SOLAS ) untuk mesin kemudi Bantu kapal tanker
Mampu difungsikan dalam waktu maksimum 45 detik, segera setelah mesin kemudi utama berhenti bekerja.

4.  Displacement kapal 7000 tonne. Nilai KM = 6,0 m dan KG = 5,80 m.
     350 tonne cargo di lower-hold kapal dipindahkan tegak keatas sejauh
     4,0 m. setelah itu dimuat cargo seberat 650 tonne, dengan titik berat
     1,0 m diatas lunas.
     Hitung : G M akhir .
Jawab :
             Diketahui : ∆     =  7000tonne.
                               KM =   6,0 m.
                               KG =    5,80 m

5. Cargo dipindah 350 tonne keatas 4,0 m kemudian dimuat 650 tonne titik berat 1,0 m diatas lunas.
Hitung : GM  akhir ……………?

Jawab :

             GM awal =  KM –  KG
                     =    6,0 m  -  5,8 m
                     =    0,2 meter.
     GG’         =    w x d    =  350 x 4       =    0,2 meter. 
                                           7000
      GG’        = dititik M ( beimpit )
         d’         = KM  - titk berat cargo yang dimuat  
                      = 6 m   -  1 m   =  5 m.


     GG2              =  w x d   =  650 x 5        = 3250   =  0,425 m
                          ∆ + w     7000 + 650     7650
     Berhubung G’, dititik M maka  GM akhir  = GG2  = 0,425 m.

       


5. Sarat awal adalah  Fd = 3,90 m    -     Ad = 4,10 m
    Sarat kapal akan dibuat even-keel  = 4,20 m.
    Untuk itu akan ditambah cargo. MCT 1 Cm = 100 ton dan TPC = 10.
    Hitung : a). Berat cargo yang perlu ditambah
                  b). Posisi titik berat cargonya.

Jawab :
    Diketahui : Fd = 3,90 m  - Ad = 4,10 m
                       Aka dibuat even-keel = 4,20 m.
                       MCT 1 Cm = 10 tonne.
                       PC = 10

      

       
a.        Md awal = 3,90 + 4,10     = 8,00     → = 4,00 m
                                  2                        2
         Md akhir = 4,20 + 4,20  → = 8,40     → = 4,20 m
                                     2                    2
         Md akhir  = ∆ sarat +  Md awal
         ∆ sarat      = Md akhir – Md awal
                          = 4,20 – 4,0
                          = 0,20 m   → = 20 Cm

         Berat = ∆ sarat x TPC
                   = 20 x 100
                   = 200 tonne
b.        T = ∑ Mo membujur         T = W x d
                MCT 1 cm                           MCT 1 cm
       20 = 200 x d      → d = 2000    
                           100                     200
                                              d = 10 meter.

                 Jadi titik berat cargonya = 10 meter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar