Sabtu, 12 September 2015

Ecdis

Ecdis merupakan suatu alat bantu navigasi elektronik dimana saat ini digunakan sebagai pengganti peta di atas kapal. Dalam solas untuk semua kapal tanker sama dengan atau lebih dari 3000 gt mengharuskan terdapat ecdis di atas kapal sejak 1 juli 2015. 

Terhadap mandatory solas tersebut seluruh perushaan pelayaran di harapkan untuk mengimplementasikan aturan ini di atas kapal. Mulai dari training ecdis untuk seluruh perwira dek di atas kapal, ecdis itu sendiri, peta dan update untuk enc nya.  Dalam survey tahun 2014 menyatakan bahwa sudah 54% kapal tanker yang sudah mengimplementasikan ecdis di atas kapal akan tetapi lebihdari 4000 kapal tanker dimana sisa dari 46% tersebut belum menerapkan ecdis ini. 

Untuk seluruh pelaut di harapkan dapat mengerti akan penggunaan ecdis di atas kapal. Walaupun teknologi semakin canggih tetap look out adalah yang harus di utamakan. Segalanya pasti akan ada kesalahan baik dari manusia itu sendiri maupun alat elektronik tersebut. Untuk itu segalanya harus di pikirkan dengan baik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar