Sabtu, 27 Juni 2015

Cara mengkoreksi publikasi


Saat ini saya akan menjelaskan tta cara mengkoreksi publikasi. Yang perlu dikatahui adalah koreksi publikasi dan peta kita dapatkan dari NTM (notice to mariner) ini kita dapatkan setiap minggu. Oleh karena itu setiap ntm di berikan nama week (kemudian minggu ke berapa dari awal tahun) contohnya adalah week 26/15 maksudnya adalah ini koreksi minggu ke 26 di tahun 2015. 

Untuk memulai koreksi publikasi, pertama kita pastinya mendapatkan ntm tersebut kemudian kita melihat publikasi apa yg perlu di koreksi. Kemudian ambil buku tersebut dan tentunya kita lihat pada halaman ii yaitu record of updates. 

Di sini seperti gambar di atas kita mencantumkan koreksi week ke berapa yang akan kita koreksikan kedalam oublikasi ini dilanjutkan dengan tanggal kita melakukan pengkoreksian dan jabatan kita yang melakukan koreksi. 

Kemudian kita melihat pada NTM dan koreksi yang perlu kita lakukan pada publikasi tersebut berupa insert, replace, atau delete. Maksudnya adalah jika insert berarti kita harus menambahkan di dalam publikasi tersebut. Jika replace berarti kita mengganti yang sudah ada di dalam publikasi dengan yang baru dari NTM. Jika delete berarti kita harus menghapus bagian yang sudah ada di dalam publikasi tersebut. 

Contoh mengkoreksi peta yaitu:
1. Insert
Dapat dilihat pada gambar diatas bahwa pada halaman 20 kita harus menambahkan baris tersebut. Caranya yaitu memotong bagian tersebut kemudia tempelkan pada halaman koreksi atau pada halaman tersebut. Maksudnya ada beberapa publikasi yang memiliki halaman tersendiri untuk memasukkan koreksi contohnya seperti gambar di bawa ini. 

Pada bagian kanan halaman di gambar di atas adalah halaman koreksi atau update page. Jadi jika terdapat halaman tersebut kita menepelkan bagian yang harus kita masukkan dari NTM ke halaman tersebut. 
Seperti gamabar di atas adalah salah satu koreksi yang sudah di tempelkan. Kemudian kita memberikan ke terangan di belakangnya atau di depannya bahwa itu adalah koresi ke week berapa contohnya dari gambar di atas adalah wk 14/15. Penulisan ini dilakukan dengan pulpen merah. Karena sesuai aturan haris menggunakan pulpen merah atau ungu. Akan tetapi pada publikasi kita menggunakan pulpen merah. 

Apabila publikasi tersebut tidak memiliki halaman koreksi  mala kita harus menempelkan pada halaman yang telah di berikan oleh NTM. Caraya yaitu dengan menempelkan sebagian kecil dari bagian koreksi tersebut pada halaman tersebut sehingga kita akan tetap bisa melihat bagian yang sebelumnnya. Contohnya pada gambar di bawah ini. 

Pada gambar di atas kita dapat melihat bahwa sebagian kecil belakang koreksi yang akan di masukkan saja yang tertempel, sehingga kita dapat mengangkat bagian tersebut dan melihat pada bagian yang selumnya pada publikasi tersebut. Koresi ini dapat dilakukan dengan menempelkan sebagian dari depan atau belakang koreksi tersebut dengan melihat situasi pada halaman yang akan di koreksi sehingga tidak menutupi bagian lainnya. Kemudian pada koreksi tersebut kita memberikan tanda dari week keberapa koreksi tersebut. 

2. Replace
Untuk replace hampir sama dengan insert akan tetapi di lakukan dengan menempelkan bagian dari koreksi dari NTM ke bagian yang harus di gantikan. Contoh pada gambar di bawah ini. 

Pada gambar di atas dapat dilihat bahwA terdapat koresi replace yang terdapat tulisan dengan warna merah. Jadi cara mengkoreksinya yaitu dengan menempelkan bagian koreksi langsun ke bagian yang di gantikan kemudian memberikan tanda dari week keberapa koreksi tersebut dengan pulpen warna merah. 

3.  Delete
Delete merupakan koreksi untuk menghapus yang sudah ada di dalam publikasi. Contohnya pada gambar di bawah ini. 

Pada gambar di atas dapat kita lihat cara mengkoreksinya. Yaitu dengan memberikan coretan satu garis pada bagian yang akan di hapus dengan pulpen merah kemudian memberikan keterangan merupak koreksi week keberapa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar