Sabtu, 21 Maret 2015

Sea project atau praktek laut

Sea project atau praktek laut merupakan saat dimana sebelum menjadi perwira kita melakukan praktek di atas kapal. Hal ini bertujuan untuk mempraktekkan apa yang telah kita pelajari secara teori. Karena tidak segala sesuatu hal kia dapatkan pada saat kuliah dan terjun langsung ke lapangan adalah hal yang penting untuk mempersiapkan kita saat kita menjadi seorang perwira nantinya. 

Jabatan kita selama praktek di sebut cadet dimana dalam hirarki jabatan kita setara dengan os akan tetapi perintah kita di berikan oleh c/o atau 2/e , bosun atau perwira lainnya. Sehingga pada saat praktek kita dapat mengetahui kegiatan atau tata cara kerja di atas kapal mulai dari kerja di dek atau di mesin, jaga saat di pelabuhan, dan jaga di anjungan saat bernavigasi. 

Dalam mempersiapkan diri kita khususnya untuk jurusan nautika saya menyarankan untuk mendapatkan segala ilmu yang bisa kita dapatkan. Hal penting yang harus bisa kita kuasai setelah praktek laut khususnya untuk jurusan nautika adalah:

1. Cargo handling and operation 
2. Mengetahui segala perawatan terhadap LSA (life saving appliance) dan FFE (fire fighting equipment)
3. Pembuatan port document
4. Hal-hal tentang navigasi dari tata cara penggunaan radar, ecdis, ais, sart, epirb, gmdss, komunikasi radio, penulisan dalam log book, koreksi peta dan publikasi, pembutan kompas error, signal lampu, signal bendera, signal bunyi, dan lain-lain
5. Perawatan di dek
6. Tali temali
7. Perhitungan muatan
8. Drill
9. Mumbuat passage plan atau route perjalanan kapal
10. Menentukan posisi kapal
11. Aturan-aturan di kapal

Yang paling utama adalah kita dapat mengetahui seluruh jawab yang terdapat pada paket prola kita. Karena di dalam pertanyaan tersebut sudah menjadi suatu patokan bahwa setelah kita dapat menjawab dan mengetahui jawabannya kita akan siap untuk menjadi seorang perwira yang baik. Tentu saja pengalaman pada kapal lain akan lebih baik dibandingkan dengan hanya dari kapal saat kita praktek. Setiap kapal dan setiap perusahaan memiliki aturan dan tata cara yang berbeda. Kita juga harus banyak bertemu dengan berbagai orang agar kita dapat memimpin orang dengan berbagai suku dan sifat yang berbeda suatu saat nanti. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar